MUTIARA-QOLBU

MEUKUTA ALAM

Dalam setiap daerah yang mempunyai adat atau tradisinya masing-masing, adat atau tradisi ini menjadi ciri khas atau identitas dari suatu bangsa, Bagitu pula dengan bangsa Atjeh, dia memiliki adat yang melambangkan identitas kaumnya.

Dalam buku tarikh Atjeh mengatakan bahwa Adat Bersendi Syara ‘dan Syara’ Bersendi Adat , syara ‘pendekatan hukum yang di terapkan dalam islam atau disebut hukum Islam, jadi adat dan hukum ini seperti “zat dengan sifatnya” yang jikalau kuat adatnya maka kuatlah agamanya begitu pula Agak.

Adat bersumber dari kebiasaan atau reusam yang telah diatur oleh Raja atau Sultan dengan cara bermufakat dengan para ulama dan para pembesar kerajaan dan tentunya berdasarkan nilai nilai yang bersumber dari hukum Islam.

Dalam sistem kerajaan Atjeh ada satu Qanun hukum adat yang dikenal dengan sebutan Adat Meukuta Alam Adat ini diatur dengan rapi pada zaman pemerintahan Sultan Iskandar Muda dengan cara mufakat dan pertimbangan dari Majlis Kerajaan para Ulama Ulee Balang Dan Para cerdik pandai yang ada diwilayah kekuasaan.

Hukum Adat Meukuta Alam inilah yang dapat mempersatukan berbagai suku dan kaum dalam kerajaan Atjeh dan bersatu dalam satu keyakinan dan satu keimanan yaitu Islam sehingga mereka tidak mengutamakan kepentingan suku nya, tetapi lebih mengutamakan kepentingan agamanya sehingga dengan bersatu dalam satu keyakinan maka lahirlah persatuan sehingga sebuah kerajaan kerajaan menjadi kuat aman dan sejahtera.

Dalam buku tarikh Atjeh mengatakan bahwa dengan Adat Meukuta Alamlah Sultan Iskandar Muda mencapai puncak kejayaannya karena berhasil mempersatukan rakyat dari berbagai lapisan sehingga dapat menakhlukkan berbagai negeri lain, bahkan Atjeh berkembang menjadi Kerajaan Islam yang besar dan kuat sehingga dapat mewujudkan Islam ke seluruh pelosok nusantara dan karena inilah Atjeh digelar dengan sebutan Serambi Mekkah

Adat Mukuta Alam ini juga menjadi acuan dan aturan pemerintahan yang sesudah Sultan Iskandar Muda ..

Sejarah Aceh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: